Tuesday, November 8, 2011

Traveling With Internet Is A MUST




“As the traveler who has once been from home is wiser than he who has never left his own doorstep, so a knowledge of one other culture should sharpen our ability to scrutinize more steadily, to appreciate more lovingly, our own.”
-Margaret Mead-

Tidak terasa hampir dua tahun telah berlalu semenjak saya menasbihkan diri menjadi seorang independent traveler dan menjadikan "jalan-jalan" sebagai salah satu agenda wajib di dalam kehidupan saya. Walau sebenarnya hobi saya jalan-jalan telah ada semenjak saya kecil, namun sehubungan dengan bertambahnya usia kini paradigma saya tentang traveling serta merta berubah. Dulu sih saya lebih nyaman jalan-jalan bersama kedua orang tua dan kakak adik saya tapi kini muncul kesadaran dalam diri saya kalau jalan-jalan itu juga nyaman kok tanpa harus bersama kedua orang tua atau anggota keluarga saya yang lain. Asalkan direncanakan dengan matang, jalan-jalan bareng teman yang sama-sama punya hobi jalan-jalan pun sama okenya. Apalagi jalan-jalan sendirian kayaknya bukan jamannya lagi khawatir kalau harus jalan-jalan sendiri, selama sudah direncanakan dengan matang, why not?



Setelah sekian lama akhirnya saya menyadari bahwa salah satu yang mengubah paradigma saya tentang jalan-jalan adalah perkembangan internet. Beneran, internet telah memberikan dampak dan manfaat yang luar biasa besar di dalam hobi jalan-jalan saya. Sederhananya, internet telah menjadikan saya XLangkah Lebih Maju sebagai seorang traveler. Saya ragu apakah tanpa internet saya bisa seberani ini menjejakkan langkah kaki saya di tanah yang sama sekali asing dan tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Jujur saja, internetlah yang pertama kali memotivasi saya untuk menjadi seorang independent traveler. Pasalnya, dari internetlah saya pertama kali mengetahui nama-nama besar para independent traveler seperti Trinity, Claudia Kaunang, dan Matatita dari tulisan-tulisan mereka baik itu di artikel atau di blog mereka sendiri. Ketiga orang itulah yang telah menginspirasi dan menancapkan pengaruh mereka di dalam diri saya. Bagaimana mungkin saya yang notabenenya seorang cowok tulen kalah berani terhadap ketiga wanita hebat tersebut dalam hal menjelajahi dunia? Pertanyaan tersebutlah yang terus mendidihkan adrenalin saya dan memompa keberanian saya dalam menjelajahi dunia ini.

Internet pulalah yang menjadikan saya XLangkah Lebih Maju dalam merencanakan perjalanan saya. Perencanaan itu bagaikan ruh di dalam suatu perjalanan. Apalagi bagi para budget traveler seperti saya, perencanaan yang matang merupakan salah satu aspek penting di dalam perjalanan saya nantinya. Salah merencanakan sedikit bisa-bisa hancur sudah seluruh rencana perjalanan indah saya. Nah, internet telah memberikan berbagai bantuan dalam merencanakan perjalanan saya. Saya bisa dengan mudahnya mencari informasi tempat-tempat yang ingin saya kunjungi, mencari alat transportasi dan akomodasi selama saya jalan-jalan di suatu daerah, hingga berburu berbagai tiket promo pun bisa saya lakukan. Asyik bukan? Lebih asyik lagi karena saya bisa melakukannya dimana dan kapan saja secara bebas. ^^d

Berkat internet, saya tidak begitu takut mengunjungi tempat yang sama sekali asing bagi saya. Dulu salah satu masalah yang saya takuti begitu menjejakkan langkah kaki ke daerah antah berantah adalah takut tersesat dan takut tidak menemukan tempat yang ingin saya kunjungi. Tapi kini, selain bisa bertanya kepada penduduk lokal saya biasanya langsung mengandalkan internet. Tinggal googling, atau bertanya kepada forum-forum para traveler maka niscaya masalah-masalah tersebut akan teratasi. Apalagi kini sudah ada GPS yang bisa kita pakai di handphone kita setelah terkoneksi dengan jaringan internet. Ih sumpah oke banget ga sih?
Kalau lagi iseng, butuh hiburan, dan pengin nyirik-nyirikin teman-teman saya yang lain langsung saja saya membuka akun-akun jejaring sosial yang saya miliki dan taraaa...teman-teman saya pasti langsung dongkol setengah mati dan pengin men-smack down saya tanpa ampun begitu saya pulang. Heheh. ^^

Yang terakhir, internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju dalam berbagi. Oke, sharing is caring. Internet telah membantu saya membagikan pengalaman-pengalaman perjalanan saya kepada para traveler lain. Biasanya sih saya melakukannya dengan memposting cerita perjalanan saya di blog ini atau berbagi di komunitas-komunitas traveling seperti "Amateur Backpack Traveler Indonesia" yakni suatu komunitas bagi para backpacker pemula yang saya dirikan bersama teman-teman saya di facebook. Saya juga sering mengupload foto-foto perjalanan saya ke akun-akun jejaring sosial. Selain itu saya juga bisa berdiskusi dengan para traveler lain tentang berbagai hal yang telah terbukti sangat membantu saya pada saat saya melakukan suatu perjalanan kelak. Ah, terima kasih Internet. Berkat engkau, saya telah XLangkah Lebih Maju dalam menjelajahi dunia yang maha luas ini. Kepada para traveler lain, semoga postingan saya kali ini bisa memacu semangat dan menghapus kekhawatiran kalian dalam menjejakkan langkah kalian ke dunia luar. Percayalah, traveling is easier with internet, traveling is possible and traveling with internet is a MUST!


Selamat Jalan-Jalan dan Salam Kupu-Kupu. ^^d

No comments:

Post a Comment